Subscribe:

Pages

Monday, July 01, 2013

Godres

Pasti semua tahu apa itu singkong. Singkong adalah adalah sejenis ubi yang memiliki rasa enak dan mengenyangkan. Selain itu singkong harganya juga murah. Singkong hampir dapat ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Karena menanamnya sangat mudah yaitu dengan cara memotong batangnya kemudian ditancapkan ke tanah maka akan tumbuh dengan sendirinya tanpa ada perawatan khusus.

Singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan tradisional. Di Blora singkong bisa diolah menjadi godres. Godres adalah jajanan tradisional yang memiliki rasa manis karena isinya berupa gula pasir yang meleleh saat digoreng dan isinya (gula pasir) akan keluar atau muncrat saat kita menggigitnya. 

Bahan membuat godres :
  1. Singkong
  2. Gula pasir
  3. Minyak goreng 
Cara membuatnya :
  1. Kupas singkong, bersihkan lalu kukus hingga matang
  2. Bila sudah matang tumbuklah singkong dan ratakan (kalau sudah rata orang Blora biasa menyebutnya dengan gemblong)
  3. Ambil gemblong yang sudah jadi tadi kemudian potong menurut selera (biasanya dipotong segitiga) dan isi dengan gula pasir
  4. Gorenglah dengan api sedang hingga matang
Godres dengan mudah dapat kita jumpai di pasar-pasar tradisional dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar Rp. 500,- sampai Rp. 1.000,- per biji. Akan lebih enak lagi kalau makan godres dengan tempe goreng dan minumnya kopi. Bagaiamana tertarik buat mencobanya? Tidak ada salahnya Anda mencobanya, karena mungkin godres cuma ada di Blora.

1 komentar:

Unknown said...

Yess wong Blora😍😍

Post a Comment