Subscribe:

Pages

Wednesday, May 01, 2013

Dumbeg

Dumbeg merupakan jajanan pasar khas Blora yang sudah terkenal. Beberapa daerah lain ada yang menyebutnya dengan nama clorot. Biasanya jajanan ini hanya tersedia pada saat acara tertentu digelar seperti acara sedekah bumi atau gas deso. Namun belakangan ini, karena banyaknya permintaan, jajanan dumbeg atau clorot menjadi salah satu jajanan yang mudah didapat di pasar-pasar tradisional. Dumbeg memiliki rasa yang khas, dan yang menarik adalah pembungkusnya terbuat dari daun janur dan berbentuk kerucut.
Untuk membuatnya dibutuhkan bahan : 200 gram tepung beras, 850 ml santan sedang (santan kental 450 ml + air 400 ml), 250 gram gula merah, 2 lembar daun pandan, 2 gram garam dan daun janur yang sudah dibuat berbentuk kerucut yang digunakan sebagai pembungkusnya.
Cara membuatnya : masak santan bersama gula merah, garam, daun pandan hingga mendidih. Angkat dan biarkan agak dingin. Tambahkan tepung beras, aduk hingga tampak bergerindil kemudian saring. Masukkan adonan ke dalam daun janur yang sudah berbentuk kerucut. Selanjutnya masukkan adonan yang sudah dibungkus daun janur ke dalam kukusan berlubang dalam posisi berdiri. Kemudian kukus hingga matang.

0 komentar:

Post a Comment